Kamis, 07 Februari 2013

Facebook Temukan 76 Juta “Akun Palsu” di Tahun 2012


Sebagai tindak lanjut dari janji Facebook memerangi akun-akun palsu yang ada di situs mereka,Facebook mulai mengidentifikasi dan memburu akun-akun palsu sepanjang tahun 2012 lalu. Hasilnya, selama tahun 2012 lalu, mereka berhasil mengidentifikasi kurang lebih 76 juta akun palsu, atau sekitar 7% dari total akun yang terdaftar di Facebook!
Angka 76 juta akun palsu tersebut tercantum dalam laporan tahunan yang diberikan oleh Facebookkepada pihak investor. Angka tersebut sedikit menurun dibandingkan dengan jumlah akun palsu yang dilaporkan Facebook pada pertengahan tahun 2012, dimana saat itu mereka mengumumkan bahwa mereka telah menemukan sekitar 87 juta akun palsu, atau sekitar 8.7% dari total akun saat itu.
Menurut pihak Facebook, dari jumlah akun palsu yang ditemukan sepanjang tahun 2012 tersebut, sebagian besar masih merupakan akun duplikat, yang jumlahnya berada di kisaran 53 juta akun. Selanjutnya, terdapat juga akun mencurigakan, dengan jumlah 14 juta akun, dan akun dengan tingkah mengesalkan, seperti spammer, dengan jumlah 9.5 juta akun.
Pihak Facebook juga menambahkan, akun-akun palsu tersebut ternyata lebih banyak ditemukan di negara-negara yang sedang mengalami pertumbuhan pengguna Internet, seperti misalnya Indonesia. Sedangkan untuk negara-negara yang dikategorikan sebagai negara maju, Facebook menemukan lebih sedikit akun palsu yang berasal dari negara-negara tersebut.
Sayangnya, Facebook masih belum mengungkapkan metode apa yang mereka gunakan untuk mengidentifikasi akun palsu tersebut. Mereka juga tidak menyertakan informasi terkait berapa banyak dari akun palsu tersebut yang teridentifikasi berkat laporan dari pengguna Facebook yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar