Senin, 11 Februari 2013

Analis Anggap Windows 8 Adalah Penyebab Menurunnya Pasar PC


Nasib kurang baik yang dialami sistem operasi baru MicrosoftWindows 8, terus berlanjut. Setelah beberapa waktu lalu dikabarkan penjualan produk tersebut tertinggal jauh di belakang Windows Vista, baru-baru ini, analis pasar membeberkan pandangan mereka terkait terus menurunnya penjualan perangkat PC. Menurut mereka, hal tersebut sedikit banyak disebabkan oleh Windows 8!
Sejak beberapa waktu terakhir, menurut temuan para analis, terdapat pergeseran penggunaan perangkat yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir ini. Bila sebelumnya banyak yang menggunakan PC untuk kegiatan seperti mengakses Internet dan membuka jejaring sosial, seperti Facebook, kini lebih banyak yang melakukan kedua kegiatan tersebut di tablet atau smartphone mereka. Kurang lebih 27% pengguna tablet menyatakan bahwa mereka kini jauh lebih jarang menggunakan PC mereka untuk mengakses Internet. Sedangkan 20% menyatakan bahwa mereka kini lebih jarang menggunakan PC untuk membuka Facebook.
Harapan terbesar untuk membalikkan kembali keadaan sebenarnya berada di tangan produk sistem operasi baru Microsoft, Windows 8. Sistem operasi yang diluncurkan pada bulan Oktober 2012 lalu diharapkan mampu menarik kembali minat para pengguna tablet dan smartphone untuk melakukan berbagai kegiatan yang semula banyak mereka lakukan bersama PC untuk kembali menggunakan PC. Sayangnya, tingkat penjualan yang masih rendah untuk perangkat dengan Windows 8 membuathal tersebut tidak terwujud.
Menurut para analis, bila Microsoft tidak segera mengatasi hal tersebut, bisa jadi pergeseran tren penggunaan perangkat tersebut akan berlanjut dan makin lama PC akan makin ditingalkan. Microsoftharus memiliki senjata andalan yang bisa dimanfaatkan untuk menarik kembali minat pengguna tablet dan smartphone untuk kembali menggunakan PC, dengan mengedepankan berbagai hal yang memang lebih menonjol di sebuah PC dibandingkan dengan di perangkat tablet dan smartphone.

0 komentar:

Posting Komentar